Tips agar Siaran TV menjadi Jernih



Seringkali kita mengutak-atik agar TV kita dapat menangkap siaran dengan jernih. Berbagai peralatan kita siapkan dan kita pasang, namun siaran TV yang kita bidik masih saja dipenuhi semut-semut penganggu. Sebenarnya, bagaimana cara menangkap siaran TV itu? Berikut tips agar siaran TV menjadi jernih versi Blogger Gundul.

Pada dasarnya, agar siaran TV menjadi bening atau jernih, kita tidak harus memakai antenna parabola yang harganya cukup mahal. Hanya dengan beberapa langkah, siaran TV (nasional) yang kita bidik akan nampak jernih dan stabil. Berikut beberapa faktor yang harus kita perhatikan untuk membuat TV kita bening:

Antena
Antena harus kita pilih yang berjenis outdoor, meskipun pada prakteknya akan kita tempatkan di dalam ruangan (diatas plafon).  Tidak harus yang besar, ambil saja yang ukuran sedang namun memiliki kualitas handal.

Kabel
Kabel dapat kita beli yang meteran atau paketan. Namun disarankan untuk memperoleh hasil yang optimal, kita ambil kabel antenna yang dijual meteran, yang umumnya lebih baik kualitasnya daripada kabel antenna yang paketan.

Konektor
Konektor kabel ke TV biasanya telah disediakan jika kita membeli kabel antenna yang paketan. Namun demikian, memilih konektor antenna yang berkualitas akan memberikan hasil kejernihan gambar yang lebih baik.

Panjang Kabel
Panjang kabel tidaklah berbanding lurus dengan hasil tangkapan sinyal. Untuk itu, sesuaikan dengan jarak antara TV sobat dengan antenna yang dipakai karena adanya gulungan kabel akibat terlalu panjang justru akan mengurangi kualitas tangkapan gambar.

Posisi Antena
Penempatan antenna juga mempengaruhi kualitas tangkapan sinyal. Posisikan antena menghadap ke pemancar TV yang sobat bidik, dan usahakan tidak ada bangunan permanen yang menutupi arah antenna tersebut.

Booster
Booster kadang diperlukan untuk lokasi yang jauh dari antenna pemancar. Namun demikian, penggunaan booster kadang justru akan menimbulkan gambar berbayang jika kekuatan sinyal di daerah sobat sekalian telah mencukupi.

Demikian faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sinyal siaran TV. Jika sobat menginginkan kualitas gambar siaran TV yang baik, perhatikan sejumlah faktor penentu tersebut dan dapatkan gambar yang bagus, bening, atau jernih sehingga acara yang sobat tonton menjadi mengasyikkan tanpa gangguan semut-semut layar. Jika sobat ingin informasi lain seputar Tv, silahkan baca-baca artikelnya disini. Selamat mencoba.

Kategori:

60 komentar:

  1. saran ane sih pake booster lbih bgus lg. Untk mereknya ane pasang pake merk tanaka.

    BalasHapus
  2. @Blogwidget: Hehehehhehe, lebih jernih lagi pake Parabola Sob...Thanks dah berkunjung...

    BalasHapus
  3. udah pasang parabola tp kok masih burek eg,

    BalasHapus
  4. @Poetra Arega: Coba diatur posisinya, kalo sudah mengarah ke satelit yang dituju, dan semua pemasangan instalasi dah tepat, kualitas gambar udah sip kok Sob...

    BalasHapus
  5. aq tinggal di bekasi,pake antena pf goceng plus boster tp gbr msh renyek..tv ku LED..kenapa ya ??

    BalasHapus
  6. @Gean Vandhoye: Udah dicek item2 diatas lum Sob? Mungkin ada rangakian yang kurang optimal...Lokasi tidak tertutup bangunan, gunung, atau hal-hal lain yang sifatnya neg-blok kan?

    BalasHapus
  7. Kabel memang menjadi salah satu komponen penting untuk manghasilkan tangkapan sinyal yang optimal...Bingung memilih kabel? Silahkan berkunjung..

    BalasHapus
  8. SOLUSI TEPAT untuk mengatasi GAMBAR TV Anda yang KURANG JERNIH, KURANG BAGUS dan BANYAK SEMUT-NYA dengan ANTENA TV BAGUS – SUPER AntenaTV yang bisa menerima sinyal uhf dan vhf , serta cocok untuk ANTENA TV BAGUS TV LCD LED CRT
    Sila kunjungi :
    http://antenatv-rakitan.blogspot.com
    terima kasih 

    BalasHapus
  9. @KAyB: Yup, kabel menjadi salah satu komponen penting bagi kualitas gambar TV Sob. Thanks dah berkunjung..
    @ATyB: Moga lancar dan sukses bisnisnya Sob..

    BalasHapus
  10. Coba pakai Antena Tv Model Parabola Mini hasil gambarnya bagus dan jernih

    BalasHapus
  11. Ini punyaku ga bs jernih gimana gan ? Padahal semua udah terpenuhi... Pdhal tv baru, tak kira tv rusak, trs ane servisin, stelah jadi, gambar masih sama, udah ganti antena ampe 3x juga... Heran. Jenis tv polytron led 32"

    BalasHapus
  12. @Antena TV: Yup, itu memang alternatif bagus sob..
    @Ahmad Taufiq: Mungkin lokasi sobat memang tidak memungkinkan memperoleh gambar yang bagus atau tuner LED TV yang kurang peka. Coba aja pake parabola sob. Hasilnya jernih dan kayak nonton DVD. Harga juga terjangkau kok.

    BalasHapus
  13. Tp disini udah bnyak yg pake LED tv, smuanya bagus gmbarnya, aku jg heran gan,
    Antena jg pake booster yg remote biasa gt,
    Kalao kata reparasi servis daerahku, mungkin tunernya yg error, tp masa iya tv baru gt, trs knp yg laen'y d'daerahku pd bgus gmbarnya..
    Pengen sih pake parabola, tp kn perbulan jg musti bayar, buat kalangan menengah kebawah, sama aja kberatan gan. Solusi terbaiknya gimana gan ?

    BalasHapus
  14. @Ijonk Depp: Bisa saja Sob, tuner Tv sy kmr jg rusak, padahal lum setahun....sebagai ganinya, saya pasang parabola yang tidak berbayar, cuman 750 rb dah bisa 50an channel, ga harus bayar iuran bulanan..dan gambarnya jauh lebih cling karena melalui port video, bukan tuner.

    BalasHapus
  15. Aku juga mau donk gan, 750rb bs 50 chnel...ni disini kmren aku ditawarin tmn, 700rb tp gratisnya cm tv lokal doank, slain itu berlangganan minim 20rb-250rb/bln..
    Kalo ada yg kayak punya agan gitu gratis tp dah 50 chnel, mau banget aku....

    BalasHapus
  16. @Ijonk Depp: Yang ditawarkan itu mungkin salah satu penyedia jasa TV langganan berbayar ya? Kalo iya, tanyakan apa semua TV lokal bisa ditayangkan. Setahu saya tidak semua TV lokal dapat ditayangkan. Kalo parabola yang saya maksud adalah jenis tidak berbayar. 750 ribu dapat 1 parabola besar, 1 lnb, 1 receiver, lengkap dengan pemasangannya untuk menembak salah satu satelit, yang bisa diset untuk menembak TV-TV lokal tertentu serta beberapa TV luar negeri.

    BalasHapus
  17. Iya gan, yg ditawarin ke ane sl 1 pnyedia tv brlangganan..dan chanel lokal pun juga tdk semuanya.
    Nah kalo mau beli kek punya agan gitu, merk apaan,,, ntar tak nyoba nyari disini, itupun kalo ada. :)

    BalasHapus
  18. @Ijonk Depp: Tanya aja satu set parabola biasa, ada yang merk matrix, venus, dll...Untuk 50an channel, biasanya pake receiver biasa dan 1 lnb, kalo yang mau 200an channel juga bisa, tapi receivernya harus support Mpeg2 dan Mpeg4 dan pakai 4lnb, tapi harganya juga lebih mahal, apalagi yang support HDMI, tapi gambarnya super bening, kayak nonton video.

    BalasHapus
  19. Ini ane ditawarin 1 set parabola matrix pakai 2lnbf support Mpeg4 nd HDMI, hargane 1jt gan... Itu ntar otomatis bisa jernih gak ya kwalitas gambarnya...
    Heheeee sorry bnyak nanya gan...

    BalasHapus
  20. @Ijonk Depp: Ga apa2, santai aja Sob. Jika memang harus pake parabola, harga segitu untuk 2 lnb yang support Mpeg4 dan HDMI udah standar, kalo bisa 4 lnb sekalian, hehehhehe...Untuk kualitas gambar, jangan kaget jika semut2 dirumah iri karena ga punya tempat lagi, hehehhe..Apalagi pake HDMI, asal sinyal dah pas dan kekuatann tangkapannya maksimal, gambar kayak riil..

    BalasHapus
  21. Nah kalo pake itu Buat saluran luar negeri kek espn, star sport, kbs world, bisa dicari juga kan channel'y gan ?

    BalasHapus
  22. @Ijonk Depp: Kalo channel2 premium kayak gitu, harus pake trik khusus sob, tanyakan ke teknisi parabolanya biar diset langsung...Kalo dibiarin terbuka lebar channelnya, Tv-Tv berlangganan ga laku dong, hehehhe

    BalasHapus
  23. Owhh... Tapi intinya bisa kan ???

    BalasHapus
  24. @Ijonk Depp: Hehehe, apa to yang ga bisa di negeri kita tercinta ini Sob, tongkat kayu aja jadi tanaman...

    BalasHapus
  25. Bang Ijonk Depp, gimana hasilnya? Apakah gambarnya sudah jernih? Mau juga dong yg kayak abang itu.

    BalasHapus
  26. sobt aku mau tanya klo dri HP ke tv bisa egk klo aku mau mutar video & musik nya..?

    BalasHapus
  27. @Weahjoe Au: Pingin joga sob? hehehhe
    @Yogi Putra: Maksudnya mutar lagi n video di hp untuk dilihat di TV? Bisa aja sob, jika hp sobat punya hp yang support AVout....Cari colokan yang sesuai pasinya..Tapi mayoritas hp saat ini belum mendukung...Umumnya hp hanya dibekali colokan untuk koneksi ke laptop untuk keperluan modem, PC Sync, atau pembacaan mass storage...

    BalasHapus
  28. Gk usah payah-payah ngeluarin uang segitu... Rugi deh kalau di rumah kalian semua gk terjangkau TV Channel... Saya aja pakek antena Indoor 25.000 udah 30 Channel lebih... Gk payah pakek gituan... Coba dulu pakek antena eksternal outdoor.. Harganya berkisar 50.000.. Kalau bening ngapain gittuh??? Kalau lagi mbokek bisa pakek antena kaleng... Tapi tangkapan channelnya emang kurang seep... Mungkin hanya akan dapet 10 cannel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sy mw lyt pict antena indor / out door nya dong....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. @agan Blogger Gundul : tanya gan, saya punya parabola aora plus kabelnya(kalo receiver nya udah di ambil aora),nah bisa ga alat yg tersisa ini berfungsi spt antena tv biasa/HD yg bs mengakses channel tv lokal(kalo channel luar justru ga bgitu penting) ? alat apalagi yg harus saya sediakan/beli n tentu cara nya,trims
    (malas naik2 ke atap pasang n setel2 antena hehe)

    BalasHapus
  30. @Raiz S: Yang tinggal di kota atau dekat pemancar memang ga perlu pake macem2 sob, bahkan antena indoor aja dah cukup, lha kalo yang tinggal jauh ya tetep harus bisa optimal medianya agar sinyal tetep kuat.
    @Retno Retni: Antena parabola seperti itu umumnya diarahkan ke satelit (keatas), jadi kalo mau dipakai seperti antena biasa, beli aja booster penguat sinyal dan arahkan parabola tersebut ke pemancar terdekat (horizontal).

    BalasHapus
  31. wah ternyata simpel caranya kirain harus beli receiver sjenis matxxx atau lainnya, makasih gan blognya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  32. @blogger gundul : misi ane mau tanya, parabola 750 k punya ente merk apa gan ? apakah memiliki semua hak siar penayangan ? ane pake top tv tapi banyak hak siar bola yg ga bisa ditayangkan dan sekarang sudah gak ane pake lagi karna ada sedikit masalah. terimakasih

    BalasHapus
  33. numpang tnya kali aja ada yg tau, ada gak sih TV yg bisa nyiarin bnyak cnannel, jd bkan cma 1 saluran saja, tp bisa dua, empat atau sepuluh. jd lebih enak nontongnya; klo lg pas iklan bisa tau channel yg lainnya terus ganti channel.

    BalasHapus
  34. @Epan Jufery: Ane pake yang bebas iuran kok sob, pake receiver Matr**, kalo yang berbayar/iuran memang punya batasan seperti itu..
    @Yusuf: Bukannya TV emang banyak salurannya sob? emang TV sobat cuman 1 channel doang? Pake parabola bisa 200an channel sob...

    BalasHapus
  35. jadi kalo yg ente pake itu gak ada batasannya begitu sob ? makasih jawabannya

    BalasHapus
  36. merk antena TV apa ya yang bagus??

    BalasHapus
  37. @Epan Jufery: Ya tetep ada sob, pada prinsipnya parabola tak berbayar kan hanya menembak satelit di luaran sono, jumlahnya tergantung lnb. Semakin banyak lnb semakin banyak pula satelit yang bisa ditangkap (jika memang memungkinkan ditangkap). Tentu semakin banyak pula channelnya...ya, untuk 3 lnb, sekitar 200an channel bisa ditangkap...
    @Kikils: Untuk antena biasa, banyak yang merekomendasikan PF sob...

    BalasHapus
  38. mas saya mau nanya,
    saya tinggal di depok,
    antena pake PF digital, panjang kabel -+ 20m karena rumah 2 tingkat, nah pake antena PF digital bagus tp masih ada noise2 dan burem2 dikit, dan nyoba beli booster merek DX W-9900 malah tambah krenyek,, kira2 knapa ya mas ?
    thx

    BalasHapus
  39. @Adam: Fungsi booster hanya sebagai penguat sinyal sob, saya yakin lokasi sobat tidak butuh penguat sinyal, tapi justru arah serta pemasangan yang tepat. Hindarkan gulungan kabel, arahkan antena pada pemancar dengan tepat, dan periksa semua konektor.

    BalasHapus
  40. @gundul: ohh,,gitu yah,klo masang booster apa harus di arahkan ke pemancar juga sperti antena apa boleh asal2an arahnya ?? saya masang booster supaya klo di paralel gk rusak di TV ke 2 nya,, klo masalah kya gitu enak nya pake alat apa yah mas,,
    makasih sorry banyak nanya ..hehehe :D

    BalasHapus
  41. maksud saya yg ente pake itu apakah mempunyai semua hak siar ? rugi nih kalo gak semua hak siar hahaha :)
    pemasangannya dimana ya ? ane wilayah indramayu, apakah ada kantornya apa di toko listrik

    BalasHapus
  42. mantab artikelnya,
    sob aku pake antena indoor tapi didalam gedung dan banyak wifi,gimana ya biar jernih....?

    BalasHapus
  43. johan cable Jual Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio Imam 08125245368 ,http://kabelantenaradio.blogspot.com/ http://kabelantena.wordpress.com/ http://johancable.indonetwork.net/

    johan cable

    Jual Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio
    Imam 08125245368











    Info Perusahaan

    Nama: Tn. Imam Effendy [Pemilik/Pengusaha]
    Nomer HP : +62-341-8609190
    Nomer Telpon : +62-8125245368
    Alamat: Jl. Balong Purworejo no. 10, Rt5/Rw3, karanglo Singosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia 65153 . ( Raya Malang-Surabaya, Sebelum Hotel Solaris/Depo Bangunan/Lampu Merah Bentoel jurusan Batu, di kanan jalan Masjid Karanglo jalan masuk ke kanan dari arah Surabaya )
    Malang 65153, Jawa Timur
    Indonesia


    Sifat Dasar Usaha: Dagang dari kategori Elektronik & Elektrik

    Berdagang segala macam kabel komunikasi ( Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio ) dan aksesorisnya hubungi johan 08125245368 bisa dikirim seluruh Indonesia

    Produk / Jasa Utama
    Menjual:
    Kabel Antena TV dan Kabel Antena Radio, serta aksesorisnya hubungi Bpk.Imam 08125245368
    http:/ / johancable.indonetwork.net ,

    Heliax, kabel 4 / 8, kabel 5 / 8, Kabel Feeder, Kabel Jumper, Konektor, Kabel Heliax, Kabel Coaxial, Kawat Baja Seling, Kabel Antena TV, Kabel Antena Radio, Kabel Antena TV Malang, Kabel Antena Radio Malang, Kabel Antena TV Surabaya, Kabel Antena Radio Surabaya, Kabel Antena TV, Kabel Antena Radio, Kabel Antena Malang, Kabel Antena Surabaya, Kabel Antena, Agen Kabel Anten, Agen Kabel Antena, Distributor Kabel Antena, Distributor Kabel Anten, Agen Kabel Anten Malang, Agen Kabel Antena Malang, Distributor Kabel Antena Malang, Distributor Kabel Anten Malang, Agen Kabel Anten Surabaya, Agen Kabel Antena Surabaya, Distributor Kabel Antena Surabaya, Distributor Kabel Anten Surabaya, johancable, johan cable,

    Bpk.Imam
    0341-8609190
    08125245368



    http://kabelantenaradio.blogspot.com/

    http://kabelantena.wordpress.com/

    http://johancable.indonetwork.net/

    BalasHapus
  44. Mau nanya nih gan. Tv saya ga ada gambrny bnyk semutny. Sudah ganti 3x antena tp ttp aja. Samping rumh saya pake parabola. apakah ada pengaruhnya parabola dengan antena sekitarnya ??

    BalasHapus
  45. mas,
    tv saya gambarnya suram dan ga jernih serta semutnya banyak,,,
    padahal dah pake antena digital..

    tetangga pake antena biasa(PF 5000) kok jernih banget ya...

    apa karena pengaruh terhalang bangunan tinggi (Mall PV* bandung)
    tapi kalo terhalang tentu tetangga saya juga pasti kena..tapi ini malah ngga...

    sudah beberapa kali saya pindahkan posisinya tetap sama...
    di rendahkan jelek,ditinggikan juga malah tambah jelek,,,

    mohon pencerahannya ya mas...

    BalasHapus
  46. kalo tv led memang agak sulit untuk tampilan tv yg jernih.,saya pnya tv led dah ga kepake buat nonton tv tp buat pc input.,habis pasang antena model apapun tetep sama.,kalo tv selain led bisa jernih gambarnya

    BalasHapus
  47. silahkan coba antena saya murah kwalitas gambar bisa diadu dengan antena yg mahal

    salam
    fajarantena

    BalasHapus
  48. Gan mau nanya, apa parabola mempengaruhi sinyal dari anthena biasa, saya make pf5000 tpi ttep gak bsa, tetangga saya pake parabola soalnya, trim

    BalasHapus
  49. Tv saya burek bos,,, padahal tetangga gk usah pkek boster udah bagus,, knp yaa

    BalasHapus